Jumat, 16 April 2010

MANUSIA DAN KEINDAHAN

Pengertian Keindahan
Kata keindahan berasal dari kata indah, yaitu bagus, permai, cantik dsb. Benda yang mempunyai sifat indah adalah segala hasil seni, pemandangan alam, manusia dan masih banyak lagi. Keindahan adalah identik dengan kebenaran. Keindahan adalah kebenaran dan kebenaran adalah keindahan. Keduanya mempunyai sifat nilai yang sama yaitu abadi, dan mempunyai daya tarik yang selalu bertambah. Yang tidak mengandung kebenaran adalah berarti tidak indah. Keindahan juga bersifat universal, artinya tidak terikat oleh selera perseorangan dan tempat, selera mode, kedaerahan atau lokal.

Pengertian Perkembangan Kesenian
Perkembangan kesenian di mulai dari jaman prasejarah yaitu jaman sebelum ditemukan berbagai sumber yang berhubungan dengan dengan kehidupan manusia. Latar belakang kebudayaannya berasal dari kebudayaan Indonesia yang disebarkan oleh bangsa Melayu Tua dan Melayu Muda. Agama asli pada waktu itu animisme dan dinamisme yang melahirkan bentuk kesenian sebagai media upacara (bersifat simbolisme). Seiring perkembangan jaman maka perkembangan kesenian mengalami evolusi yang sangat drastis

Aliran-Aliran Kesenian
Aliran-aliran Seni ini lebih dominan mengambil contoh dalam seni rupa yang lebih mudah untuk dijelaskan karena sifat karya seninya yang tidak mengenal waktu. Artinya, kapan saja saatnya produk karya seni rupa dapat dihayati karena bersifat konkrit. Pada umumnya aliran-aliran yang lahir di setiap zaman memiliki garis besar kesamaan atau benang merah dengan zaman lainnya. Oleh karena itu pada aliran-aliran induk yang secara universal hadir pada setiap zaman, walaupun tidak menutup kemungkinan bahwa kehadiran aliran di suatu zaman mendapatkan tantangan/ bantahan/ counter dari aliran lain yang baru dengan segala argumentasinya.

Perenungan
Renungan berasal dari kata renung, artinya diam-diam memikirkan sesuatu, atau memikirkan sesuatu dengan dalam-dalam. Renungan adalah hasil merenung. Dalam merenung untuk menciptakan seni ada beberapa teori ialah: teori pengungkapan, teori metafisik, teori psikologi

Keserasian
Keserasian berasal dari kata serasi dan dari kata dasar rasi, artinya cocok, kenal benar, dan sesuai benar. Kata cocok, kena dan sesuai itu mengandung unsur/ perpaduan, pertentangan, ukuran dan seimbang. Karena itu dalam keserasian pada dasarnya adalah sejumlah kualitas/ pokok tertentu yang terdapat pada sesuatu hal. Kualita yang paling sering disebut adalah kesatuan (unity), keselarasan (harmony), kesetangkupan (symmetry), keseimbangan (balance), dan keterbalikan (contrast). Selanutnya dalam keserasian itu dikatakan tersususn atas unsur dari berbagai kumpulan keselarasan dan keterbalikan. Tetapi ada juga keserasian iala suatu kumpulan hubungan yang serasi dalam suatu benda dan diantara benda itu dengan si pengamat.
Pengertian kehalusan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar