Jumat, 16 April 2010

MANUSIA DAN CINTA KASIH

Pengertian Cinta Kasih
Cinta adalah rasa sangat suka (kepada) atau (rasa) sayang (kepada), ataupun (rasa) sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Sedangkan kasih artinya perasaan saying atau cinta kepada atau menaruh belas kasihan. Dengan demikian arti cinta dan kasih hampir bersamaan, sehingga kata kasih memperkuat cinta. Karena itu cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai menaruh belas kasihan.

Pengertian Kasih Sayang
Adalah perasaan saying, perasaan cinta atau perasaan suka kepada seseorang. Dalam kasih sayang sadar atau tidak sadar dari masing-masing pihak dituntut tanggung jawab, pengorbanan, kejujuran, saling percaya, saling pengertian, saling terbuka, sehingga keduanya merupakan kesatuan yang bulat dan utuh. Bila salah satu unsur kasih sayang hilang, misalnya unsur tanggug jawab maka retaklah keutuhan rumah tangga itu. Kasih sayang tang tidak disertai kejujuran, terancamlah kebahagian rumah tangga itu.

Pengertian Kemesraan
Kemesraan berasal dari kata dasar mesra, yang artinya perasaan simpati yang akrab. Kemesraan ialah hubungan yang akrab baik antara pria dan wanita yang sedang berumah tangga. Kemesraan pada dasarnya merupakan perwujudan kasih saying yang mendalam. Kemesraan dapat menimbulkan daya kreatifitas manusia. Dengan kemesraan orang dapat menciptakan berbagai bentuk seni sesuai dengan kemampuan dan bakatnya.

Pengertian Pemujaan
Pemujaan adalah salah satu manifestasi cinta manusia dan kehidupan kepada tuhannya yang dimujudkan dalam bentuk komunikasi ritual. Kecintaan manusia kepada penciptanya tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Hal ini ialah karena pemujaan kepada tuhan adalah inti, nilai dan makna kehidupan yang sebenarnya. Apa sebab itu terjadi adalah karena tuhan menciptakan alam semesta. Tuhan adalah pencipta, tetapi tuhan juga penghancur segalanya, bila manusia mengabaikan segala perintahnya. Karena ketakutan itu manusia selalu mendampingi hidupnya dan untuk menghilangkan ketakutan itu manusia memujaNya.

1 komentar: