Senin, 20 Desember 2010

Trend Teknologi Jaringan Telekomunikasi dan Game

Perusahaan di masa lalu menggunakan dua jenis jaringan yang berbeda : jaringan telepon dan jaringan komputer. Jaringan telepon menangani komunikasi suara, dan jaringan komputer menangani lalu lintas data. Jaringan telepon dibangun oleh perusahaan telepon sepanjang abad ke-20 menggunakan teknologi transmisi suara (peranti keras dan peranti lunak), dan perusahaan-perusahaan ini hampir selalu bertindak sebagai monopoli yang diregulasikan diseluruh dunia. Jaringan komputer semula dibangun oleh perusahaan-perusahaan komputer yang berusaha mengirimkan data ke dan dari computer-komputer di lokasi yang berbeda.

Berkat deregulasi telekomunikasi dan inovasi teknologi informasi terus-menerus, jaringan telepon dan komputer perlahan-lahan bersatu menjadi sebuah jaringan digital menggunakan standar dan perangkat berbasis internet.

Penyedia layanan telekomunikasi, seperti AT&T dan Verizon, hari ini menawarkan transmisi data, akses internet, layanan telepon nirkabel, dan pemrograman televisi sama seperti layanan suara. Perusahaan kabel, seperti Cablevision dan Comcast, sekarang menawarkan layanan suara dan akses internet. Jaringan komputer telah berkembang dan mencangkup telepon internet, dan layanan video yang terbatas. Sekarang semua komunikasi suara, video, dan data ini semakin didasarkan pada teknologi internet.


Baik jaringan komunikasi suara maupun data telah menjadi lebih kuat (cepat), lebih mudah dibawa (lebih kecildan mobile), dan lebih murah. Sebagai contoh, kecepatan koneksi internet publiknya ditahun 2000 adalah 56 kilobit per detik (Kbps), tetapi hari ini lebih dari 60 persen pengguna internet di AS memiliki koneksi broadband berkecepatan tinggi yang disediakan oleh perusahaan telepon dan TV kabel yang berjalan pada kecepatan satu juta bit per detik. Biaya untuk layanan ini jatuh secara eksponensial, dari 25 sen di tahun 2000 menjadi kurang dari 1 sen sekarang ini.

Komunikasi suara dan data, sama seperti akses internet, semakin banyak berlangsung di platform broadband nirkabel, seperti telepon seluler, perangkat genggam digital, dan PC dalam jaringan-jaringan nirkabel (eMarketer, 2005a). faktanya, akses broadbandnirkabel adalah bentuk akses internet yang paling cepat bertumbuh, dengan kecepatan pertumbuhan 28 persen pertahun.

Teknologi Telekomunikasi

Teknologi telekomunikasi merupakan teknologi yang cepat berkembang, seiring dengan berkembangnya industri elektronika dan komputer. Trend teknologi telekomunikasi ini semakin ke arah teknologi wireless (tanpa kabel). Ada beberapa indikasi yang dapat dilihat pada proses perkembangan teknologi wireless. Indikasi tersebut adalah: beralihnya ke teknologi digital, semakin besar kapasitas, semakin sederhana perangkatnya, perluasan daya jangkau, keamanan dan privacy lebih baik, personalitas dan penambahan fasilitas yang lain.

Arah perkembangan teknologi wireless, semuanya menuju ke teknologi FPLMTS (Future Public Land Mobile Telecommunications System). Teknologi tersebut dapat didekati dari teknologi cordless, cellular maupun satelit. Evolusi teknologi telekomunikasi saat ini mempunyai kecenderungan untuk beralih via radio, optik atau satelit.

TREND TEKNOLOGI JARINGAN, ciri-cirinya:

  • · Kapasitas besar
  • · Error dan delay kecil
  • · Berbagai layanan yg dibutuhkan
  • · Multivendor service
  • · Fleksibel sesuai kebutuhan pelanggan
  • · Biaya investasi murah
  • · Pengoperasian mudah
  • · Biaya operasional murah

Trend Perkembangan Teknologi Telekomunikasi Masa Depan

Teknologi jaringan komunikasi generasi atau yang biasa disebut dengan 3G,pada ponsel-ponsel saat ini menyediakan kemudahan mobilitas tanpa kabel (nirkabel) tanpa batas yang belum pernah ada sebelumnya, dengan kemampuan koneksi internet berkecepatan tinggi (setara dengan broadband internet seperti DSL, Cable Modem maupun Leased Line), Video Streaming dan Video Conferensi memberikan kemudahan untuk segala kepentingan kita semua secara cepat dimanapun kita berada.

Secara umum perkembangan teknologi telekomunikasi terbagi menjadi beberapa generasi, antara lain :

  1. 1G (1979-1992), teknologi wireless.
  2. 2G, menggunakan teknologi wireless yang ada, yang sebagian besar mengakomodasi teks.
  3. 2.5G, teknologi sementara dan mengakomodasi grafik.
  4. 3G (2001-2005), teknologi generasi ketiga mendukung kemampuan koneksi internet berkecepatan tinggi, Video Streaming dan Video Conferensi.
  5. 4G (2006-2010), akan menyediakan teknologi multimedia yang lebih cepat dengan menggabungkan teknologi komunikasi suara (voice), akses internet (data), dan layanan video atau televisi melalui satu saluran.


Trend Perkembangan Game

Social Gaming
Dampak perkembangan Facebook yang semakin besar di tahun 2010 akan ditampilkan lebih seru melalui membesarnya pemain social game seperti Farmville dan Playfish yang ditengarai sudah melebihi pertumbuhan Twitter sekalipun. Perkembangan ini dipicu oleh munculnya penggunaan micropayment yang semakin populer dan berkembang seperti model game flash online.

Body Motion Sensor
Kini bermain game akan lebih asyik karena akan muncul kontroller yang memanfaatkan gerakan anggota tubuh seperti badan, tangan dan kaki. Microsoft memiliki projek Natal sementara Playstation juga memiliki Motion Controller yang berfungsi sama. Sementara di PC sudah tersedia beberapa software yang memanfaatkan gerakan tubuh dengan sensor webcam.

Augmented Reality
Perkembangan game dengan model augmented reality yang menggabungkan dunia maya dan game di dalam satu simulasi, akan lebih populer disebabkan makin tersedianya beberapa platform baru seperti Iphone yang mendukung aplikasi Augmented Reality. Selama ini AR hanya populer di desktop PC namun kini mulai merambah ke mobile gadget.

Internet TV
Perkembangan ini akan mulai marak di tanah air di tahun 2010 tapi masih memiliki kendala mahalnya biaya untuk penggunaan umum. Namun begitu trend internet TV akan melonjak drastis di 2010 disebabkan selesainya infrastruktur Telkom yang saat ini dalam proses pembangunan. Persoalannya adalah konten yang masih harus bersaing dengan social network seperti Facebook yang cukup mengambil trafik bandwith yang tinggi.

Mobile Payments
Sejalan dengan semakin maraknya Facebook di mobile gadget akan memicu penggunaan mobile payment di HP. Model pembayaran T-Cash menjadi contoh yang memulai trend tersebut di 2009. Pada tahun 2010 akan muncul pemain-pemain baru di bidang pembayaran mobile online ini.

Online Application
Sudah usang menggunakan Office dengan PC Desktop dan harus terikat dengan lokasi tertentu. Di 2010, penggunaan aplikasi berbasis web dengan model Office Apps akan marak disebabkan meningkatkan bandwith yang tersedia. Di tahun 2009 masih sebagian negara yang menggunakannya dengan maksimal, perlahan-lahan trend ini akan mulai meningkat dengan cepat di Asia dan Indonesia. Contohnya adalah aplikasi Zoho.

Cloud Computing
Seiring dengan kebutuhan aplikasi online, maka sistem cloud computing akan merambah lebih jauh di tahun 2010. Tidak hanya menjadi penyedia penyimpanan file maupun email dalam volume besar, namun sudah mulai memberikan service dalam bentuk aplikasi baik tingkat enterprise maupun individu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar