Kamis, 22 November 2012

Pertanyaan Bisnis Informatika

1. Apakah pengertian dari bisnis?
Jawab :
Bisnis adalah kegiatan yang dilakukan oleh individu dan sekelompok orang (organisasi) yang menciptakan nilai (create value) melalui penciptaan barang dan jasa (create of good and service) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan melalui transaksi


2. Sebutkan aspek-aspek dari bisnis?
Jawab :
-Kegiatan individu dan kelompok
-Penciptaan nilai
-Penciptaan barang dan jasa
-Keuntungan melalui transaksi


3. Sebutkan apa saja yang termasuk kedalam fungsi mikro bisnis yang dilihat dari kepentingan fungsi bisnis mikro ekonomi?
Jawab :
-Pekerja / Karyawan
Pekerja menginginkan gaji yang layak dari hasil kerjanya sementara manajer menginginkan kinerja yang tinggi yang ditunjukkan besarnya omzet penjualan dan laba
-Dewan Komisaris
Memantau kegiatan dan mengawasi manajemen, memastikan kegiatan akan berjalan mencapai tujuan
-Pemegang Saham
Pemegang saham memiliki kepentingan dan tanggung jawab tertentu terhadap perusahaan


4. Sebutkan apa saja yang termasuk kedalam fungsi makro bisnis yang dilihat dari kepentingan fungsi bisnis makro ekonomi?
Jawab :
-Masyarakat sekitar perusahaan
Memberikan kontribusi kepada masyarakat sekitar sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan
-Bangsa dan Negara
Tanggung jawab kepada bangsa dan negara yang diwujudkan dalam bentuk kewajiban membayar pajak


5. Sebutkan apa saja yang termasuk kedalam elemen dan sistem bisnis?
Jawab :
-Modal (capital)
Sejumlah uang yang digunakan dalam menjalankan kegiatan bisnis
-Bahan-bahan (materials)
Merupakan faktor produksi yang diperlukan dalam melaksanakan aktifitas bisnis untuk diolah menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat
 -Sumber Daya Manusia (SDM)
Kualifikasi SDM :
Memiliki kemampuan kompetitif dan berkualitas tinggi
-Ketrampilan Manajemen (Management Skill)
Sistem manajemen yang dijalankan berdasarkan prosedur dan tata kerja manajemen

  


6. Apakah pengertian dari SII?
Jawab : 
SII adalah sebuah rencana secara menyeluruh melingkupi pelaksanaan gagasan, perencanaan dan eksekusi sebuah kegiatan dengan mengintegrasikan atau menyatukan segala sumber daya ataupun kemampuan dari dua atau lebih perusahaan bahkan organisasi (merger) demi meraih keuntungan dan keunggulan secara kompetitif.


7. Apakah yang dimaksud dengan integrasi itu sendiri?
Jawab:
Integrasi berarti menyatukan unsur-unsur tertentu. Dalam hal ini, strategi integrasi infromasi (Strategi of Information Integration) berarti upaya untuk menyatukan beberapa infromasi sebagai bagian dari kerjasama antara dua perusahaan atau lebih yang bertujuan untuk mencapai hasil yang maksimal yaitu meningkatkan kinerja perusahaan.  Strategi integrasi merupakan model penggabungan dari lingkungan operasional, industri dan lingkungan luar yang masing-masing lingkungan tersebut dapat saling berinteraksi untuk salingmendukung. Proses strategi integrasi didasarkan pada keyakinan bahwa misi perusahaan dapat diwujudkan melalui penilaian yang sistematik dan menyeluruh terhadap kemampuan internal perusahaan serta lingkungan eksternalnya.


8. Sebutkan salah satu keunggulan yang dimiliki oleh SII?
Jawab:
Salah satu keunggulan yang dimilik SII adalah mengunggulkan sebuah informasi disaat yang tepat, contohnya jika suatu organisasi sedang memerlukan suatu informasi yang relevan, adalnya SII ini sangat membantu adanya informasi yang benar dan tepat. Informasi digunakan dengan luas untuk membantu sebuah organisasi. Misalnya saja banyak laporan informasi terhadap suatu informasi A, semakin banyak yang memberikan informasi maka akan semakin gampamg untuk memberitahu atau mengambil kesimpulan dari informasi yang telah didapat sehingga akan mempunyai informasi yang relevan dan dapat diperoleh dari kegiatan manajerial pada saat yang dibutuhkan.


9. Sebutkan cara yang dapat dilakukan oleh SII secara manual?
Jawab:
SII dapat dilakukan secara manual yaitu dengan cara satu bagian organisasi ke bagian organisasi yang lain dan akan dibentuk oleh petugas informasi menjadi data dari sistem yang lain. Sistem ini akan berpengaruh baik di dalam suatu organisasi yaotu dengan adanya arus informasi dalam suatu organisasi agar tidak muncul kebuntuan dalam suatu pemikiran. SII merupakan konsep dari sistem Informasi Manajemen. Berbagi sistem atau banyak sistem yang dapat saling berhubungan sistem satu dengan sistem yang lain dengan berbagai cara yang sesuai dengan keperluannya. Informasi diantara satu sistem dengan sistem yang lainnya sangat bermanfaat apabila data file suatu sistem diperlukan juga oleh sistem yang lainnya, atau dengan kata lain output suatu sistem menjadi input bagi sistem lainnya yaitu saling membutuhkan.


10. Sebutkan enam tahap pelaksanaan integrasi
Jawab:
-Eksploitasi Kapabilitas Lokal
-Lakukan Integrasi Tak Tampak
-Kehendak Berbagi Pakai
-Redesain Arsitektur Proses
-Optimalkan Infrastruktur
-Transformasi Organisasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar